Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

1001 Manfaat Mengkonsumsi Cambah Taoge

Apa itu Taoge? Istilah (tauge, cambah, kecambah) merujuk pada jenis kacang-kacangan yang sudah keluar tunas atau cambahnya. Toge atau tauge ini sering dijadikan isian makanan, sayur, atau sebagai lalapan. Untuk proses membuatnya cukup mudah yaitu dengan merendam biji kacang hijau atau kacang merah yang sudah kering dan tua dengan air sampai keluar cambahnya.

taoge-tauge-toge-kecambah

Tauge biasanya sering dipakai untuk canpuran masakan atau lalapan makan. Dan memiliki rasa yang khas.

Walau kelihatanya sepele namun taoge memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk kesehatan. 

Kandungan yang ada pada tauge terbukti ampuh mengobati beberapa gangguan penyakit. Selain itu tauge berkhasiat juga untuk kecantikan.

Sedikitnya ada beberapa manfaat taoge yang mencengangkan banyak orang, tidak banyak yang mengira jika cambah tauge bagus untuk kesehatan. 

Dari banyaknya manfaat taoge,  kali ini sobisnesia akan uraikan beberapa manfaat ajaib dari tauge yang perlu sahabat ketahui lebih lanjut.

Sahabat semua tentu sudah tahu apa itu Taoge kan? Taoge atau kecambah merupakan tumbuhan muda yang baru saja berkembang dari biji-bijian. Tumbuhan  ini baru saja muncul dan masih sangat muda, taoge termasuk jenis sayur yang sering dipakai untuk bahan olahan makanan. Taoge jenis ini berasal dari biji kacang-kacangan yang bersih dan sehat.

Dengan banyak mengkonsumsi makanan seperti taoge kalian akan memperoleh banyak manfaat seperti dapat menambah, mengobati, dan menjaga kesehatan. 

Apa sajakah manfaat taoge? 

Berikut ini sobisnesia bagikan sedikit uraiannya untuk kalian.

Mampu membantu kepadatan tulang kita

Salah satu manfaat taoge untuk kesehatan yaitu membantu kepadatan tulang tubuh. Estrogen alami yang ditemukan dalam taoge bisa meningkatkan kepadatan tulang dan struktur tulang, serta mencegah rapuh tulang (osteoporosis).

Bisa mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh

Taoge memiliki manfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh kita. Kecambah kedelai pada taoge kaya akan senyawa anti-kanker. Kandungannya akan lebih efektif kalau masih berbentuk benih kecambah.

Ampuh mengurangi kolesterol dalam darah

Taoge dapat mengurangi kolesterol dalam darah, Apa ini benar? 

Para penyandang resiko stroke dan serangan jantung disebabkan oleh lemak darah melambung, dianjurkan untuk makan kecambah lebih banyak. Saponin dalam taoge akan menghancurkan kandungan lemak LDL (lemak jahat) tanpa mengganggu lemak HDL (lemak baik).

Baik untuk pencernaan

Taoge sangat baik untuk pencernaan kita. Untuk mendapatkan gizi kacang-kacangan tanpa kembung, taoge mungkin salah satu obat karena bersifat basa.

Untuk kecantikan kulit

Salah satu fakta tentang taoge yaitu dapat bermanfaat untuk kecantikan kulit kita. Kandungan vitamin E yang tinggi pada taoge sangat memiliki manfaat bagi kulit. Diantaranya menghilangkan noda hitam pada wajah, mengobati jerawat, menyuburkan rambut, membantu meremajakan dan menghaluskan kulit.

Dapat mencegah Penuaan Dini

Kandungan yang ada dalam taoge dapat memperlambat penuaan diri, karena taoge merupakan salah satu sayuran yang mengandung anti-oksidan yang kuat. Baiknya taoge dikonsumsi mentah, namun kamu juga bisa menyiramnya dengan air panas kalau enggak suka yang mentah.

Meningkatkan kesuburan 

Kabar baik buat kalian yang sulit punya anak dengan alasan kurang kesuburan. Taoge dapat menjadi solusi alami yang tepat untuk mewujudkan mimpi itu dan bisa segera memiliki momongan. 

Tauge juga mampu menekan gangguan keluhan pra-menstruasi, pra-menopause, dan gangguan akibat menopause. Vitamin E dan protein pada tauge yang sangat tinggi dipercaya bisa meningkatkan kesuburan pria karena hormon pria dapat dihasilkan dengan rangsangan saat makan taoge.

Itulah 1001 manfaat mencengangkan mengkonsumsi taoge atau kecambah yang belum banyak orang menyadarinya. Semoga uraian kali ini dapat memberi pemahaman untuk sobat sobis tentang pentingnya taoge untuk kesehatan tubuh kita.