Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

1 Menit Membuat Blog Gratis Keren Dan Tidak Ribet

Membuat blog merupakan kegiatan yang mudah dan menyenangkan, namun pekerjaan ini sedikit rumit jika sahabat belum memahami tentang teknik cara membuat blog mulai awal hingga ahir sampai blog jadi dan siap dipublikasikan.

image tutorial membuat blog cepat hanya dalam 1 menit saja

Namun untuk sahabat yang pingin memiliki blog dan belum tahu cara membuatnya, tenang saja gampang kok cara bikinya, silahkan ikuti panduan yang akan pandbis share kali ini sebagai panduan sahabat dalam membuat blog, langkahnya mudah dan sangat cepat kok.

Memiliki blog pribadi tentu bagus buat kita, apalagi jika blog yang kita mendapatkan respon baik dari penggemar atau para pembaca setia blog kita, ada rasa puas dan bangga tentunya karena tulisan yang kita publikasikan melalui blog dibaca dan mendapatkan respon positif dari orang lain.

Saat ini perkembangan dunia blogging amatlah pesat, kemudahan dalam membuat dan memilikinya yang didukung dengan tool dan menu yang lengkap juga memudahkan seseorang dalam mendesain blognya lebih keren dan unik. Blog sekarang juga sudah menjadi media berbagi informasi yang tidak kalah perannya dengan website, kita bisa menggunakan teks, gambar, dan video untuk berbagi suatu informasi dengan tema apapun di blog, dan ini bisa diakses di seluruh dunia loh.

tutorial membuat blog

Kita melihat bahwa selain di media sosial seperti twitter, instagram , facebook, dan lainya, para artis juga menggunakan blog sebagai alat interaksi kepada para peggemarnya. Keunggulan blog dibanding media sosial lainya yaitu kita bisa leluasa menulis apapun di blog dan sepanjang apapun, sifatnya juga permanen serta cakupannya lebih luas dan tak terbatas.

Membuat blog pribadi bukanlah hal yang sulit, semua orang dapat memiliki  blog dengan mudah bahkan tidak harus bayar alias gratis. Ada banyak layanan blog gratis yang dapat kita manfaatkan seperti blogger.com(blogspot), wordpress, jomla, blogdetik dan lainya.

Reward dari memiliki blog adalah kita selain dapat memberikan informaasi dan menuangkan ide-ide kreatif kepada banyak orang, kita juga dapat memperoleh penghasilan dari blog loh. Bahkan ada blogger yang satu bulannya bisa mendapatkan penghasilan hingga ratusan juta rupiah hanya dari kegiatannya ngeblog saja. 

Namun dikesempatan ini pandbis tidak akan membahas panjang lebar mengenai dua poin diatas, melainkan hanya ingin berbagi sedikit tutorial singkat tentang cara membuat blog gratis secara cepat dan hanya dalam 1 menit saja. 

Mungkin sudah banyak tutorial ini di blog-blog lain, namun gak ada salahnya jika pandbis bagikan tutorial serupa namun dengan teknik yang lebih simple dan cepat serta akan lebih mudah untuk sahabat pahami. Dan untuk tutorial ini memang sengaja kami khususkan untuk sahabat yang belum mengetahui cara membuat blog dan mungkin dengan mengunjungi halaman ini sahabat akan dapat mengerti langkah-langkah bikin blog cepat dan gratis. Dalam tutorial ngeblog kali ini pandbis akan menggunakan blogspot lebih dulu karena memkang memiliki pengguna terbanyak dan sudah populer, caranya juga terbilang paling simple serta mudah dipahami.

Tutorial Membuat Blog Gratis Hanya 1 Menit Saja

Untuk membuat blog gratis di blogspot hanya dalam satu menit saja, ada syarat yang musti sahabat siapkan dulu sebelum memulainya yaitu:

  1. Email dari Gmail yang aktif dan pastikan sahabat tidak lupa user dan passwordnya.
  2. Jaringan internet yang terhubung ke komputer atau laptop, dan yang sudah 4G, karena jaringan 4G saat ini paling cepat di dindonesia, atau bisa menggunakan wifi dengan kecepatan setara atau diatas 4G.
  3. Pastikan sahabat dapat mengoperasikan komputer atau laptop dengan baik, dan tanpa ada gangguan dari pihak lain.
cara membuat blog gratis di blogger

Selanjutnya, silahkan menuju ke situs blogger dengan mengetikkan alamat URL blogger.com atau blogspot.com di address bar browser sahabat.

Kemudian masuk dengan menggunakan alamat email dan sandi email yang sahabat punyai dan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

how to free blog


Selanjutnya sahabat akan melihat profil yang sahabat, kemudian klik Lanjutkan agar bisa masuk membuat blog baru.

Tutorial bikin blog baru

Setalah langkah diatas maka akan muncul halaman seperti gambar diatas. Cara membuat blog berlanjut, sahabat hanya tinggal langsung mengklik Blog Baru/new blog.

cara membuat blog gratis dengan mudah

Kemudian setelah sahabat mengklik blog baru, maka gambar seperti di atas ini akan muncul.

Pada gambar di atas sahabat semua harus mengisi setiap kolom,kolom Judul diisi dengan nama blog yang ingin sahabat buat, kemudian kolom alamat diisi untuk mengisi alamat dari blog yang akan sahabat buat, kolom alamat ini nantinyalah yang menjadi URL domain blog sahabat. Pastikan bikin alamat yang bagus, dan mudah diingat, namun sebelumnya akan di cek ketersediaannya apakah sudah dipakai orang lain atau belum, dan jika muncul centang biru sebelah kanan maka domain atau alamat tersebut masih tersedia. 

Kemudian pilih juga tema yang kalian sukai, tema ini gratis dan kapanpun sahabat dapat menggantinya dengan tema lain. Di kolom tema seperti gambar diatas terdapat banyak gambar template blog keren dan pilihlah salah satu yang paling disukai, lalu terakhir hanya tinggal mengklik tombol buat blog.

Setelah langkah di atas terselesaikan, maka cara membuat blog baru berlanjut dan akan muncul gambar seperti dibawah ini.Klik tombol lain kali atau klik tanda silang dipojok kanan atas!



Selanujutnya sahabat akan diarahkan ke tampilan dashboard blog yang baru dibuat, disini blog sahabat sudah jadi, namun masih butuh pengaturan lebih lanjuut dan juga belum ada postingan yang bisa dibaca. Untuk litu silahkan lihat gambar dibawah ini dan pahami keterangan yang sudah pandbis tuliskan pada gambarnya yang ditunjjukkan pada tanda panah oranye.

Tampilan dashboard blogger blogspot terbaru

Dan untuk lebih memahami benar tentang cara setting dan optimasi blog secara lengkap, tunggu saja artikel pandbis selanjutnya, Insyaallah akan kami berikan penjelasan yang lebih detail. 

Tampilan halaman untuk membuat artikel atau postingan blog

Gambar di atas merupakan tempat menulis artikel atau postingan, untuk tulisan yang akan sahabat buat sehingga dapat di posting di blog yang sahabat miliki. Lembar kerjanya hampir menyerupai Ms Word. Setelah sahabat membuat tulisan sahabat hanya tinggal mempostingnya dengan klik tombol publish/poskan, dan Sahabat sudah selesai membuat blog dan mengeposkan satu buah artikel yang dapat dibaca oleh banyak orang yang berkunjung ke blog sahabat. jika ingin memposting artikel baru tinggal masuk di dashboard dan klik “entri baru atau new post”  dan untuk melihat tampilan awal blog Sahabat silahkan klik lihat blog atau view/lihat blog.

Cara diatas adalah cara awal atau dasar membuat blog pribadi gratis di blogspot hanya dalam 1 menit. Untuk mempercantik tampilan dan mendapatkan banyak pengunjung ke blog Sahabat masih ada tips trik blog yang mesti sahabat kuasai dan pelajari seperti memahami fungsi menu-menu di dashboard blogger, mengganti template,  memilih dan mendesain template blog, Dasar SEO untuk Optimasi blog, dan linya. Sahabat bisa belajar dan memperdalamnya sendiri tentang tips trik blog selanjutnya.

Itulah tutorial singkat tentang cara membuat blog gratis hanya dalam 1 menit jadi. Terimakasih telah meluangkan waktunya dan membaca artikel ini dari awal hingga ahir, dan semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat. 
A Nur
A Nur Hanya manusia biasa yang suka menulis. Dengan sedikit pengetahuannya berharap dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada orang lain.